• Jelajahi

    Copyright © BNRI NEWS
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Wakil Bupati Toraja Utara Membuka Secara Resmi Kegiatan Toraja And Beyond Festival 2022 Yang dilaksanakan Secara Virtual dan Offline

    Jumat, 25 November 2022, 14:44 WIB Last Updated 2022-11-25T07:44:14Z
    -
    -



    Toraja Utara  | BNRI NEWS


    Kegiatan itu dilaksanakan oleh Toraja Tourism Board berkerjasama dengan TEPANAS (Teman Parekraf Nasional) serta SCOPI dan Anomali Coffee mengangkat tajuk  ๐—ก๐—š๐—ข๐—ฃ๐—œ ๐—”๐—๐—” (๐—ก๐—š๐—ข๐—ฏ๐—ฟ๐—ผ๐—น ๐—ธ๐—ผ๐—ฃ๐—œ ๐˜๐—ผ๐—ฟ๐—”๐—๐—”) seri perdana dengan tema "๐‘น๐’†๐’—๐’Š๐’•๐’‚๐’๐’Š๐’…๐’‚๐’”๐’Š ๐‘ฏ๐’–๐’๐’– ๐‘ฒ๐’๐’‘๐’Š ๐‘ป๐’๐’“๐’‚๐’‹๐’‚. ๐‘ป๐’Š๐’•๐’Š๐’Œ ๐‘จ๐’˜๐’‚๐’ ๐‘ฎ๐’†๐’“๐’‚๐’Œ๐’‚๐’ ๐‘ฉ๐’†๐’“๐’”๐’‚๐’Ž๐’‚ ๐’–๐’๐’•๐’–๐’Œ ๐‘ท๐’†๐’๐’Š๐’๐’ˆ๐’Œ๐’‚๐’•๐’‚๐’ ๐‘ฑ๐’–๐’Ž๐’๐’‚๐’‰ ๐‘ฒ๐’๐’‘๐’Š ๐‘ถ๐’“๐’Š๐’ˆ๐’Š๐’ ๐‘ป๐’๐’“๐’‚๐’‹๐’‚". Kegiatan ini bersinergi dengan acara ๐‘ฒ๐’๐’๐’ˆ๐’“๐’†๐’” ๐‘ฎ๐‘ด๐‘ฒ๐‘ฐ (๐‘ฎ๐’†๐’“๐’‚๐’Œ๐’‚๐’ ๐‘ด๐’‚๐’‰๐’‚๐’”๐’Š๐’”๐’˜๐’‚ ๐‘ฒ๐’“๐’Š๐’”๐’•๐’†๐’ ๐‘ฐ๐’๐’…๐’๐’๐’†๐’”๐’Š๐’‚) ๐‘ฒ๐’†-38". Di Ruang Pola Perkantoran Gabungan Dinas Di Marante (23/11/2022)  


    Mengawali kegiatan, Ketua Dewan Pengarah Toraja Tourism Board, Bapak  Ir. William Sabandar, M Eng Sc, PhD dalam sambutannya mengatakan "Dalam semangat ๐บ-20 ๐‘†๐‘๐‘–๐‘Ÿ๐‘–๐‘ก, Toraja Tourism Board berkerjasama dengan TEPANAS (Teman Parekraf Nasional) serta SCOPI dan Anomali Coffee kembali mengadakan event ๐—ก๐—š๐—ข๐—ฃ๐—œ ๐—”๐—๐—” (๐—ก๐—š๐—ข๐—ฏ๐—ฟ๐—ผ๐—น ๐—ธ๐—ผ๐—ฃ๐—œ ๐˜๐—ผ๐—ฟ๐—”๐—๐—”) seri perdana dengan tema "๐‘น๐’†๐’—๐’Š๐’•๐’‚๐’๐’Š๐’…๐’‚๐’”๐’Š ๐‘ฏ๐’–๐’๐’– ๐‘ฒ๐’๐’‘๐’Š ๐‘ป๐’๐’“๐’‚๐’‹๐’‚. ๐‘ป๐’Š๐’•๐’Š๐’Œ ๐‘จ๐’˜๐’‚๐’ ๐‘ฎ๐’†๐’“๐’‚๐’Œ๐’‚๐’ ๐‘ฉ๐’†๐’“๐’”๐’‚๐’Ž๐’‚ ๐’–๐’๐’•๐’–๐’Œ ๐‘ท๐’†๐’๐’Š๐’๐’ˆ๐’Œ๐’‚๐’•๐’‚๐’ ๐‘ฑ๐’–๐’Ž๐’๐’‚๐’‰ ๐‘ฒ๐’๐’‘๐’Š ๐‘ถ๐’“๐’Š๐’ˆ๐’Š๐’ ๐‘ป๐’๐’“๐’‚๐’‹๐’‚". Kegiatan ini bersinergi dengan acara ๐‘ฒ๐’๐’๐’ˆ๐’“๐’†๐’” ๐‘ฎ๐‘ด๐‘ฒ๐‘ฐ (๐‘ฎ๐’†๐’“๐’‚๐’Œ๐’‚๐’ ๐‘ด๐’‚๐’‰๐’‚๐’”๐’Š๐’”๐’˜๐’‚ ๐‘ฒ๐’“๐’Š๐’”๐’•๐’†๐’ ๐‘ฐ๐’๐’…๐’๐’๐’†๐’”๐’Š๐’‚) ๐‘ฒ๐’†-38".

    "Diharap kegiatan seperti ini terus berlanjut di tingkat level petani dan dapat meningkatkan kapasitas petani dan diucapkan juga terima kasih kepada pak Menteri Sandiaga Uno memberikan dukungan kepada Kabupaten Toraja Utara dalam hal pengembangan sektor pariwisata dan perhatian terhadap kopi toraja", tambahnya Ketua Dewan Pengarah Toraja Tourism Board. 

    Menambahkan hal itu, Anggota DPD RI, Lily Amelia Salurapa mengatakan "Setiap kegiatan yang dilaksanakan demi kemajuan Toraja kita terus mendukung, terkait Toraja Tourism Board, saya hanya jembatan dalam kegiatan ini dan kita akan berdiskusi mengenai pengembangan kopi di Toraja" jelas Lily Amelia Salurapa'

    "Lebih lanjut, sebagai Ketua Toraja Tourism Board (TTB) sebagai perwakilan masyarakat di tingkat pusat tentu melalui forum ini ada perhatian terhadap hasil produksi Kopi Toraja yang mengalami penurunan, maka bersama Pak Panca, Pak Willy untuk berkolaborasi kami berkolaborasi untuk  mendukung, bagaimana mencari solusi akan problem ini", tambahnya. 


    Mewakili Pemerintah Daerah, Wakil Bupati Toraja Utara, Frederik Viktor Palimbong, ST mengatakan "Mengenai pengembang Kopi di Toraja tentu ada hal-hal yang perlu diperhatikan salah satunya adalah menceritakan story telling tentang kopi Toraja, tantangan di era saat ini adalah bagaimana mengembangkan sektor pertanian dan perkebunan di Kabupaten Toraja Utara sehingga Pemerintah Daerah telah membentuk Toraja Utara Go Organik", ucap Wabup Toraja Utara

    "Selain itu dalam mengembangkan kopi di Toraja tentu menjadi agenda Pemerintah Daerah untuk duduk bersama dengan para stakeholder terkait (para petani dan dinas terkait) bagaimana mengembangkan produk-produk di Toraja di sektor pertanian dan perkebunan salah satunya adalah memantau perkembangan produksi kopi di Toraja", tambah Wabup Toraja Utara. 

    Kegiatan itu diisi beberapa narasumber diantaranya  Bapak Lukas Pasarai Datubarri SP, Kepala Dinas Pertanian Toraja Utara, Bapak Sulaiman Mi'ting, Pengusaha Kopi ,  Bapak Edi Kende' Suma, Ketua Asosiasi Petani Kopi Toraja, Bapak Thomas Upping, Perwakilan Koperasi Toraja Utara,  Bapak Irvan Helmy, Co-founder & Director of Anomali Coffee dan 6) Bapak Gilang M. Hehanusa, Praktisi Kopi Sulawesi Selatan dipandu moderator Ibu Citra Wulandari, Owner Tori Coffee dan Q Grader Certification. 


    Kegiatan itu dihadiri juga, Sekretaris Daerah Kabupaten Toraja Utara, Bapak Salvius Pasang, SP., MP, Wakil Ketua Dekranasda Kabupaten Toraja Utara, Damayanti B. Palimbong dan peserta diikuti oleh para petani kopi di Toraja serta peserta umum yang mengikuti kegiatan secara virtual.  


    (AM))
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini